PELAYANAN SPESIALISTIK LUAR GEDUNG DI PUSKESMAS BORONG KOMPLEKS

Gambar mungkin berisi: 1 orang, luar ruanganRSUD Sinjai kembali melaksanakan Pelayanan Spesialistik Luar Gedung yang kedua kalinya pada Hari Selasa, 23 Oktober 2018 di Puskesmas Borong Kompleks. Dimana sebelumnya, RSUD Sinjai telah melaksanakan Pelayanan Spesialistik Luar Gedung pada Bulan Maret di Puskesmas Pulau Sembilan, Kecamatan Pulau Sembilan.
Kegiatan Pelayanan Spesialistik Luar Gedung adalah kegiatan tahunan yang dilakukan oleh RSUD Sinjai dimana pelaksanaannya dua kali dalam setahun. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mendekatkan pelayanan spesialistik kepada masyarakat.
Dalam kesempatan ini Pelayanan Spesialistik Luar Gedung yang kami berikan terdiri dari; pelayanan dokter spesialis penyakit dalam, pelayanan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, pelayanan dokter spesialis bedah, pelayanan dokter spesialis THT, pelayanan dokter spesialis saraf, pelayanan dokter spesialis anak, pelayanan dokter spesialis kulit dan kelamin, pelayanan dokter spesialis jantung, pelayanan dokter spesialis gizi klinik, pelayanan dokter gigi, adapun pelayanan penunjng medik yang kami berikan antara lain pelayanan farmasi, pemeriksaan laboratorium, donor darah, pelayanan Klinik Berhenti Merokok (KBM), serta penyuluhan dari Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).
Pelayanan yang dibuka mulai dari Pukul 08.00 hingga 14.00 Wita ini mendapat respon baik oleh warga terlihat dari antisuasime warga yang ingin memeriksakan kesehatannya,Ada sebanyak 297 pasien Puskesmas Borong Kompleks yang telah menerima pelayanan kesehatan ini yakni Pelayanan Dokter Spesialis Penyakit Dalam sebanyak 144 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis Saraf sebanyak 45 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sebanyak 23 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis THT sebanyak 23 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis Anak sebanyak 22 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan sebanyak 21 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis Jantung sebanyak 20 pasien, Pelayanan Dokter Spesialis Bedah 15 pasien, Pelayanan Dokter Gigi sebanyak 5 pasien, Pelayanan Laboratorium sebanyak 22 Pasien, Pelayanan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) sebanyak 2 pasien dan sebanyak 17 pasien yang mendapatkan pelayanan Klinik Berhenti Merokok (KBM). 
Khusus untuk Pelayanan Spesilaistik Gizi Klinik dilaksanakan di sekolah-sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sinjai Borong. Dari 113 siswa yang mendapatkan pelayanan screening gizi dari Dokter Spesialis Gizi Klinik; 50 siswa dari SD 78 Mattoanging, 50 siswa dari SD MIN Pasir Putih dan 13 siswa dari SD 88 Jennae
Kepala Puskesmas Borong Kompleks, Agusma. SKM mengungkapkan “Kegiatan ini sangat luar biasa, dilihat dari antusias masyarakat yang berkunjung ke puskesmas hari ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter spesialistik. Dengan kegiatan ini, akses pelayanan spesialistik terjangkau sampai ke kecamatan” pungkasnya.
Kegiatan Pelayanan Spesialistik Luar Gedung terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai dengan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Borong Kompleks serta Camat Sinjai Borong

0 komentar:

Copyright © 2013 RSUD SINJAI